Teknologi dari Kabupaten Bulungan Wakili Kaltara di Ajang Nasional

BULUNGAN, realitas9.com – Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berkarakter, dan berdaya saing merupakan misi kedua pembangunan Daerah Kabupaten Bulungan.

Dalam upaya peningkatan tersebut sejak menjabat pada tanggal 26 Februari 2021 Bang Syarwani bersama Bapak Ingkong Ala beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan melakukan berbagai langkah taktis guna percepatan pembangunan.

Beberapa program prioritas yang terus intensif dilakukan dalam menunjang tercapainya misi kedua ini adalah program MANTERA (Mandiri dan Terampil Bulungan Berdaulat), MBB (Mitra Bulungan Berdaulat) serta Desa Inovatif.

Disampaikan oleh Bang Syarwani bahwa dampak positif dari hasil program prioritas ini mulai nampak bagi Kabupaten Bulungan, salah satu yang terlihat adalah dengan terpilihnya salah satu Teknologi Tepat Guna (TTG) dari Kabupaten Bulungan untuk mewakili Kaltara di ajang Nasional. (20/8/2022).

Teknologi itu adalah Akar Pakis Press Multiguna untuk Pertanian Hidroponik dan Organik yang dibuat oleh Muhammad Tito Gunawan. TTG ini akan mewakili Kaltara diperlombaan tingkat nasional dalam kategori TTG Unggulan. Selain TTG ini, Kabupaten Bulungan juga mendapatkan juara II pada kategori lomba inovasi TTG dengan nama alat Mixer Pengaduk (Cetak Baglog Media Jamur Tiram),

serta juara II lomba Posyantek Berprestasi yang diperoleh oleh Posyantek Karya Inovasi Teknologi Apung dari Desa Apung, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

“Meskipun belum masif dan merata, namun sudah dapat dirasakan efek positif dari upaya kita melalui program MANTERA dan Desa Inovatif. Salah satunya adalah dengan beberapa TTG kita yang mampu bersaing di Kaltara dan ada yang mewakili Kaltara ke ajang perlombaan nasional.

In Shaa Allah dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, khususnya melalui program Mitra Bulungan Berdaulat kita bisa sama-sama wujudkan Bulungan Berdaulat Pangan, Maju, dan Sejahtera” ucap Bang Syarwani. (red/tim)

Related posts