Syarwani Nilai Kemajuan Kabupaten Diukur Dari Kemajuan Desa

BULUNGAN, realitas9.com – Menurut Bupati Bulungan Syarwani bahwa ukuran kemajuan suatu daerah sangat sederhana, jika dilihat dari kemajuan desa maka kabupaten akan maju, demikian juga dengan kecamatannya.

” Mudah-mudahan kita mampu hadir dan menjadi indikator kemajuan itu dimulai dari pemerintahan pada tingkat desa,” hal itu diungkapkan Syarwani saat membuka secara resmi Pelatihan dan lokakarya penguatan tata kelola pemerintahan desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), diaula rumah dinas Bupati Bulungan. Rabu, (25/1/23).

Syarwani mengatakan forum yang digelar ini merupakan kesadaran kolektif, karena ada upaya bagaimana desa bukan lagi implementasi ataupun interprestasi terhadap pengertian desa pada beberapa puluh tahun lalu.

” Karena hari ini bagaimana desa dapat menjadi magnet kemajuan bagi Kabupaten Bulungan,” ujar Syarwani.

Berkaitan dengan peningkatan kapasitas SDM yang ada di pemerintahan desa maupun pada Bumdes, Syarwani mengatakan sangat tepat melalui kegiatan lokakarya di fokuskkan pada upaya-upaya peningkatan kapasitas SDM yang ada dipemerintahan desa.

” Dengan tata kelola yang disertai kapasitas SDM diharapkan tata kelola pemerintahan, tata kelola Bumbdes akan semakin lebih baik dan bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat yang ada di desa,” ujar Syarwani.

Berkaitan dengan upaya menyikapi potensi yang dimiliki oleh desa yang ada di kabupaten Bulungan maupun Kaltara Sangat tepat melalui momentum kegiatan pelatihan lokakarya ini.

” Diharapkan penguatan tata kelola pemerintahan desa di bulungan benar benar bisa berjalan,” tuntas Syarwani.

Pelatihan tersebut oleh digelar oleh Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) yang diikuti para kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa, pengurus BUMDes di Kaltara. (R9)

Related posts