Selain Dikenal Sebagai Bumi Paguntaka, Tarakan Juga Mendapat Julukan Sebagai Kota Seribu Kafe

TARAKAN – KALTARA, realitas9.com- Tarakan adalah sebuah Kota di Kalimantan yang terkenal dengan Festival Iraw Tengkayu,.Nama Tarakan berasal dari bahasa tidung, yaitu “Tarak” yang berarti Bertemu dan “Ngakan” yang artinya makan.

Secara harfiah Tarakan dapat diartikan sebagai tempat makan dan bertemu, Tarakan dikenal dengan sebutan Bumi Paguntaka yang bermakna berada di sebuah pulau kecil, dengan semboyannya yaitu KOTA BIAS.

Kata BIAS merupakan singkatan dari Bersih, Indah, Aman, dan Sejahtera, jadi Kota Tarakan dikenal sebagai kota yang bersih dan pernah berhasil meraih adipura tiga kali berturut-turut sebagai kota terbersih.

Dikenal dengan destinasi wisatanya yang mengagumkan, Tarakan juga mempunyai sebutan lain sebagai kota seribu kafe.

Pada tahun 2020 lalu, Tarakan terpilih sebagai peraih penghargaan Natamukti 2020 yang digelar oleh International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Award 2020, bersama Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI.

Seperti yang diketahui penghargaan ini diberikan karena kota Tarakan punya kepedulian atau perhatian tinggi dalam rangka mengembangkan UMKM di wilayahnya.

Alasan terkuat lainnya karena Tarakan memiliki kepesatan terhadap perkembangan kafe-kafe yang ada di wilayah ini. Bahkan, Tarakan dijuluki sebagai ‘Kota Seribu Kafe’ karena banyaknya kafe-kafe yang berada di pinggir jalan.

Beberapa kafe yang terkenal yang dapat anda kunjungi saat berada di Tarakan yaitu:, Galileo Café, Café D’Boss, Malabar CoffeE, Galaxy Food Republic (GAFORE), The Uncle Coffe & Kitchen. dan masih banyak lagi kau mau di kunjungi misalkan obyek wisatanya (R9***).

Related posts