Rahasia Sukses Ternak Bebek! Rutin Bertelur Setiap Hari, Ikuti Langkah Berikut ini!

KALTARA, realitas9.com – Peluang usaha ternak bebek petelur mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Apalagi ternak bebek ini merupakan usaha relatif terbatas dilakukan di daerah tertentu.

Sehingga ternak bebek ini menjadi usaha yang persaingannya menjadi lebih mudah. Bahkan usaha ini terbilang cukup mudah untuk di lakukan dan di pelajari.

Apalagi ketika bebek sudah memasuki usia matang untuk bertelur, yaitu usia 5 sampai 6 bulan,.memanglah saat yang dinanti-nanti oleh para peternak bebek petelur.

Namun, terkadang ada bebek yang bahkan sudah masuk usia matang untuk bertelur, tetapi tidak kunjung bertelur.

Apakah penyebabnya ? anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas tentang cara ternak bebek petelur agar setiap hari rutin bertelur.

Ada beberapa faktor penyebab bebek tidak mau atau terlambat bertelur.

yaitu karena kurangnya nutrisi saat pemberian pakan, kemudian karena bebek sedang sakit ataupun stress.

Saat bebek masuk dalam usia mabung atau berganti bulu, bebek juga akan berhenti bertelur.

Nah, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya,kemudian memberikan solusi pemecahannya.

Selanjutnya, mari kita bahas bagaimana cara ternak bebek petelur agar bisa rutin bertelur setiap hari dikutip dari youtube SEMESTA TERNAK.

1. Dalam menerapkan pola pemeliharaan Sebaiknya bebek tetap dipelihara di dalam kandang. Tidak perlu diumbar atau diliarkan.

Hal ini bertujuan agar bebek lebih fokus dalam produktifitas bertelurnya.

Oleh karena itu, buatkanlah kandang yang luas untuk bebek anda.

2. Membuat pakan berupa ransum

Ransum pakan bebek ini akan sangat penting dalam pertumbuhan bebek, Dalam pembuatannya, Anda dapat memilih formula yang sesuai dengan potensi bahan pakan yang sudah tersedia di sekitar lokasi peternakan atau yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Anda juga bisa memberikan pakan konsentrat dan keong kepada bebek Anda.

3. Pemberian pakan, sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, Yakni diwaktu pagi dan siang hari, atau pagi dan malam hari.

Pemberian pakan ini dapat berupa konsentrat ataupun dalam bentuk ransum makanan yang disusun dengan baik.

Untuk porsi konsentrat seekor bebek petelur, minimal 0,5 ons dalam sehari.

4. Dalam pemberian pakan, sebaiknya tidak langsung dalam jumlah yang banyak. Karena pakan bebek tidak bisa bertahan lama dan mudah basi.

Jika ada pakan sisa, sebaiknya diberikan untuk ternak lain atau dibuang. Pakan yang terlalu lama dan basi dapat menjadi bibit penyakit.

Sebagai unggas yang memiliki habitat di lingkungan perairan, bebek membutuhkan minuman yang banyak.

Bebek juga mempunyai kebiasaan mandi di air minum sehingga menyebabkan air tersebut cepat kotor. Selain itu, bebek yang terlalu sering mandi juga biasanya akan malas menghasilkan telur.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga dalam memberikan minumnya, sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kandang bebek menjadi becek, Jadi berikan saja secukupnya.

Namun, Anda tetap harus slalu memperhatikan ketersediaan airnya di dalam kandang.

Atau Anda bisa juga menggunakan tempat minum yang tertutup, agar kebersihan air di dalamnya tetap terjaga, dan tidak akan bisa dijadikan tempat untuk mandi oleh bebek.

Kemudian, Anda juga dapat menambahkan vitamin ke dalam minuman tersebut, agar daya tahan bebek tetap kuat.

Itulah cara ternak bebek petelur agar bisa rutin bertelur setiap hari. Untuk merangsang bebek agar menghasilkan telur setiap hari, kunci utamanya adalah pakan.

Anda harus memberikan bebek tersebut pakan yang cukup. Perhatikan juga kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan tersebut, agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh bebek selalu terpenuhi.

Hal lain yang tak boleh dilupakan yaitu memastikan bebek-bebek yang Anda pelihara merasa nyaman serta menjaga kebersihan kandang agar tidak menjadi sarang bibit penyakit.

Jika bebek yang Anda budidayakan selalu sehat, hasil telurnya pun akan baik dan banyak.R9***.

Related posts