Mewakil Pemkab, Syarwani Terima Bantuan Mobil Ambulance dari Perusahaan 

BULUNGAN, Realitas9.com – Warga dua desa di Kecamatan Tanjung Palas Timur, yakni Desa Binai dan Sajau Hilir mendapat bantuan mobil ambulans, dan Masing-masing desa mendapat bantuan mobil ambulans sebanyak 1 unit.

Penyerahan bantuan mobil ambilans yang merupakan hibah dari pihak perusahaan ini, diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) H Zainal A Paliwang, bersama Bupati Bulungan, Syarwani di Balai Adat Desa Binai, Sabtu (10/06/2023).

Syarwani, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT MOA Maju Kurnia Utama yang rencananya juga akan membantu operasional bis sekolah.

“Ini merupakan wujud dari konsep pentahelix dalam upaya pembangunan serta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Bulungan,” ucap Bupati.

 Konsep pentahelix atau multipihak di mana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen.

Syarwani mengungkapkan, dua unit kendaraan ini dihibahkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes), agar dimasukkan dalam aset desa agar dapat dianggarkan operasional maupun pemeliharaannya melalui Dana Desa

“Untuk perawatannya, kalau dua unit kendaraan ini, sudah menjadi aset desa, bisa menganggarkan melalui ADD (alokasi dana desa). Sehingga tidak mengalami kesulitan,” ungkap Syarwani.

Dikatakan Syarwani. Pemkab Bulungan juga siap bekerjasama dengan menyiapkan tenaga medis maupun penanganan dalam rujukan pasien.

“ Saya berpesan agar masyarakat dapat membantu dan mengawal keberadaan PT MOA di Tanjung Palas Timur karena kalau operasional perusahaan berjalan lancar tentu manfaatnya juga akan dirasakan masyarakat sekitar,” ujar Syarwani

Pemkab sangat terbantu dengan adanya partisipasi dana CSR dari PT MOA yang bergerak di bidang pertambangan. Diakui, kemampuan APBD Bulungan masih cukup terbatas namun Pemkab terus berupaya memenuhi pelayanan dasar kepada masyarakat Bulungan yang tersebar di 10 kecamatan dan 74 desa.

” Dengan kemampuan APBD yang di miliki saat ini, sekalipun belum maksimal melayani masyarkat desa binai dan Sajau hilir namun yakinlah program-program di setiap kecamatan itu pasti hadir untuk memberikan dukungan dan kemudahan akses sekaligus pemenuhan kebutuhan layanan dasar utamanya bagi masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur,” tuntas Syarwani. (R9).

Related posts