Mantap !!! Kaltara Raih Peringkat 3 Nasional TTG Unggulan 2022

CIREBON – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), berhasil meraih penghargaan pada acara puncak Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022 yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT). Kali ini, Kota Cirebon dipilih sebagai tempat perhelatan para inovator TTG se-Nusantara, tepatnya di Aston Cirebon Hotel and Convention, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

Provinsi Kaltara berhasil meraih peringkat ke-3 Nasional kategori TTG Unggulan dengan inovasi “Akar Pakis Press Multiguna untuk Pertanian Hidroponik dan Organik”, milik inovator bernama Muhammad Tigo Gunawan asal Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Adapun lomba TTG Nusantara XXIII Tahun 2022 sendiri, meliputi dua kategori lomba. Yaitu inovasi TTG Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Berprestasi, dan TTG Unggulan Tingkat Nasional. Puncak TTG Nusantara XXIII Tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Menteri Desa (Mendes) PDTT Dr. H.C Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

Dalam sambutannya, Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, menyampaikan penggunaan peralatan tepat guna telah berhasil meningkatkan produktifitas sektor Ekonomi Pertanian, Perikanan dan Peternakan. Menurutnya, TTG menjadi variabel penting dalam peningkatan produktifitas warga desa dan menjadi jalan peningkatan kualitas hidup warga desa.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Dr. H Suriansyah, M.AP yang hadir dalam acara tersebut turut menyampaikan, melalui inovasi teknologi tepat guna diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan di desa dan bangkit bersama Kaltara dihati serta mengapresiasi atas upaya dan usaha seluruh pihak yang membantu sehingga dapat menjadi juara pada lomba tersebut.

“Alhamdulillah kita bersyukur pada hari ini salah satu peserta dari Kaltara yang berasal dari Bunyu, Kabupaten Bulungan berhasil mendapat juara tiga untuk kategori TTG Unggulan Tingkat Nasional,” ujar Sekprov Suriansyah.

Sekprov berharap ini menjadi inspirasi bagi peserta lainnya,  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Perorangan untuk terus berinovasi agar mampu memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat Kaltara dan supaya bisa meningkatkan perekonomian di Kaltara. 

“Saya ucapkan selamat kepada peserta, semoga ini menjadi penyemangat agar kita semua yang ada di wilayah Kaltara tetap terus berinovasi,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kaltara, H. Edy Suharto, S. Sos, M.T menambahkan, bahwa DPMD Kaltara terus mendorong dan mensupport kabupaten/kota yang ada di Kaltara untuk mengembangkan inovasi TTG yang ada di desa.

Edy mengharapkan kepedulian kepala daerah baik di tingkat kabupaten/kota dan kemitraan/corporate social responsibility atau (CSR) yang ada di daerah untuk memperhatikan dan membantu para inovator TTG yang ada di desa baik dari segi dukungan moril maupun materiil. 

“Saya mengharapkan kabupaten/kota serta kemitraan dapat menjadi bapak asuh untuk mereka memproduksi alat TTG hasil ciptaan Inovator agar alat ini berguna bagi masyarakat Kaltara”, ujarnya.

Edy Suharto juga mengatakan, bahwa DPMD Kaltara secara rutin melaksanakan lomba yang tujuannya untuk memotivasi agar terus berprestasi.

Selain itu, ada pula pelatihan berupa pendampingan langsung kepada masyarakat yang berada di desa, serta melaksanakan sosialisasi dan bimtek bertujuan untuk menguatkan kelembagaan selaku fasilitator yang ada di desa-desa.

“Mudah mudahan tahun depan ada inovator-inovator baru dari kabupaten/kota yang dapat mewakili Kaltara lagi di tingkat Nasional” tutupnya. 

Guna diketahui, DPMD Kaltara juga membuka stand pameran dan menampilkan alat-alat TTG pilihan yang telah dilombakan di Tingkat Provinsi Kaltara untuk dipamerkan pada Ajang TTG Nusantara XXIII di Cirebon.

Turut hadir dalam acara, Kepala DPMD Kabupaten dan Kota se-Kaltara, Kemitraan Pemprov Kaltara, serta inovator-inovator alat Tepat Guna Provinsi Kaltara. (dkisp).

Related posts