Kondisi Malinau Kembali Kondusif

Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K (kiri) bersama Bupati Malinau Wempi W Mawa. 

MALINAU, realitas9.com – Kepala Kepolisian Resort (Polres) Malinau, AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K memastikan, pasca tertembaknya seorang warga, pelaku yang merupakan oknum anggota Brimob, telah diamankan.

Peristiwa ini sempat membuat kondisi kota Malinau, kurang kondusif pada Minggu (5/2/2023), setelah warga mendatangi Mako Polres Malinau untuk meminta ketegasan aparat.

Pasca kerusuhan, kami telah inventarisir apa-apa yang menjadi kerusakan di Polres Malinau,” ujar Kapolres.

“Warga sudah kita imbau, sudah kita berikan pemahaman bahwa proses ini akan berjalan sesuai dengan SOP yang ada dan saya sudah menjamin juga selaku Kapolres Malinau bahwa ini akan diproses seadil-adilnya. Saat ini untuk pelaku penembakan sudah diamankan di Polda,” tegasnya kepada awak media, Minggu (5/2/2023).

Sepengetahuannya, Polda Kaltara telah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku. Langkah ini, menurut Kapolres, bentuk keseriusan Kapolda dalam menindaklanjuti kasus tersebut.

Ia juga menegaskan, situasi kambtibmas di Malinau, kembali kondusif. Ia meminta masyarakat tidak terprovokasi informasi yang tidak benar.

“Sudah aman, kondusif dan kami minta juga kepada masyarakat jangan mudah terprovokasi, menerima begitu saja informasi yang belum ada kejelasannya,” pintanya.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa juga menegaskan telah kondusifnya situasi kota Malinau pasca peristiwa itu.

“Saat ini Kabupaten Malinau sudah aman dan terkendali, dan keluarga juga berharap agar penegakkan hukum seperti yang pak Kapolres sampaikan, jajaran kepolisian bisa memproses ini seadil-adilnya agar semua pihak bisa memberia rasa adil,” tutur Bupati.

Bupati juga meminta warga hanya mendengar informasi dari satu sumber saja, yakni dari kepolisian. Jangan terprovokasi dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kita berharap seluruh warga Malinau jangan terprovokasi dengan berita-berita yang bisa membuat suasana semakin tidak kondusif dan tidak aman. Ini sudah sanga kondusif, seperti hari-hari biasa,” tuturnya. Bupati pun menyatakan turut berduka cita atas peristiwa itu. (R9**)

Related posts