Inovasi Mina Padi Lolos Seleksi Tahap Dua

KAB. KAB. TIDUNG, realitas9.com – Menjadi salah satu nominasi dalam Anugerah Program Pembangunan Daerah (PPD), Kabupaten Tana Tidung kembali lolos seleksi 10 besar tahap kedua.

Seleksi ini dilakukan berjenjang, mulai dari tahap administrasi yang dilakukan Pemprov Kaltara. Dilanjutkan dengan penilaian tahap 2 yang dilakukan tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu. 

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatakan, dalam penilaian tahap kedua tersebut, pihaknya memaparkan program kerja sesuai tahapan mulai dari Musrenbang yang dituang dalam RPJMD.

“Dalam paparan kami, tekun dan ulet dalam meningkatkan ekonomi Tana Tidung. Salah satu inovasi yang kami tawarkan, konsep pertanian Mina Padi yang terintegrasi padi dan kolam ikan, kemudian ada sarang burung walet,” ujarnya, Kamis (6/4/2023). 

Inovasi Mina Padi, menjadi daya tarik sehingga bisa meyakinkan tim penilai. Bahkan dari 16 besar Kabupaten yang ikut di seluruh Indonesia, Tana Tidung masuk ke tahap ketiga untuk menentukan 10 besar. Forum Group Discussion (FGD) Tahap III Anugerah PPD dilakukan di Tana Tidung untuk 

Ibrahim mengapresiasi inovasi yang dibuatnya, baru sekali mengikuti seleksi Tana Tidung menjadi Kabupaten pertama dari Kaltara yang masuk tahap 3 penilaian 10 besar tingkat nasional. 

“Harapan kita, Tana Tidung mudahan bisa masuk ke tiga besar. Kami sudah persiapkan data dengan detail. Misalnya tidak sampai mendapatkan tiga besar, tidak masalah, kita cukupi. Karena bisa sampai di 10 besar saja sudah luar biasa,” harapnya. 

Anggota Tim Penilai Independen Anugerah PPD 2023, Rudianto Sumarwono mengungkapkan Pemerintah melalui Bappenas menilai pelaksanaan pembangunan di seluruh pemerintah di daerah, mulai dari level provinsi hingga kabupaten kota.

“Hasil pemenang dari Anugerah PPD Tahun 2023 ini akan disampaikan pada Muserenbang Nasional di Jakarta, Mei nanti. Jika jadwalnya sesuai, Presiden yang akan memberikan piagam penghargaan untuk tiga besar setiap level,” tuturnya. 

Tim penilai juga terdiri para para pakar independent sebanyak 20 orang, Tim Penilai Utama sekitar 25 orang kemudian 100 evaluator.

Hasil dari penilaian tahap ketiga ini juga akan dibawa dalam rapat pleno, karena di level Kabupaten ada 12 yang akan dicari 3 Kabupaten terbaik dinilai dari 200 indikator. 

Pihaknya sudah melakukan kunjungan ke sejumlah program yang sudah dikerjakan Pemkab Tana Tidung, termasuk pusat Pemerintahan yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Ia menilai, secara pribadi semua inovasi sudah terlaksana dengan baik dan diterima oleh masyarakatnya. 

“Penilaian yang terbaik dari masyarakatnya. Kalau memberikan program yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat, itu kemenangan yang paling tinggi,” tandasnya. (R9/adv)

Related posts