DORONG PENINGKATAN PENGELOLAAN ZAKAT, WALI KOTA RAIH PENGHARGAAN DARI BAZNAS

TARAKAN, realitas9.com – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., memperoleh penghargaan sebagai Wali Kota Pendukung Utama Pengelolaan Zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada Selasa, 21 Maret 2023 di Hotel Grand Sahid Jakarta dalam acara BAZNAS Awards yang dihadiri oleh Wapres RI, K.H. Prof. Dr. Makruf Amin.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas berbagai upaya nyata dalam mendukung agar pengelolaan zakat di Kota Tarakan dapat optimal dan mampu meningkatkan kesejahteraan. 

Pemerintah Kota Tarakan sendiri, sejalan dengan visi terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city, dalam kurun waktu 4 tahun terakhir terus mendukung peningkatan pengelolaan zakat di Tarakan 

Berbagai upaya tersebut antara lain dengan muat dan menerapkan Perda nomor 1 tahun 2021 tentang Pengelolaan Zakat, mendukung keberadaan dan memperkuat Baznas Tarakan, hingga melakukan kerja sama dalam pemungutan zakat di Lingkungan Perangkat Daerah dan Perumda, serta ragam upaya lain yang menjadikan Tarakan sebagai kota yang pengelolaan zakatnya terus mengalami kemajuan.

Tercatat, melalui Baznas Tarakan, pemungutan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) di tahun 2022 lalu mencapai 8,7 miliar rupiah, meningkat dari 8,4 miliar rupiah dari yang dipungut pada tahun 2021.

Pengelolaan ZIS secara keseluruhan di Tarakan pun dilakukan berkolaborasi antara Baznas dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) lainnya yang ada di Kota Tarakan sehingga dapat semakin dirasakan oleh masyarakat yang menerimanya. (R9*)

Related posts