Dorong Kaum Muda Ambil Peran, Wabup Malinau Peluang Lapangan Kerja dan PSN

Jakaria Wakil Bupati Malinau

MALINAU, realitas9.com – Peluang lapangan pekerjaan dan ekonomi menyusul akan dimulainya sejumlah program strategis nasional atau PSN di Kalimantan Utara khususnya di Malinau.

Sejumlah PSN di Malinau diantaranya rencana dibangunnya PLTA Mentarang dan bakal dibukanya pos lintas batas negara atau PLBN Long Nawang.

Wakil Bupati Malinau, Jakaria menjelaskan ada sejumlah peluang di daerah yang harus disambut utamanya kaum muda di Malinau.

Di masa mendatang, Kalimantan Utara akan menjadi daerah penyangga IKN (ibu kota negara) di provinsi tetangga, Kalimantan Timur.

“Ada banyak sejumlah peluang yang perlu disambut pemuda kita. Di masa mendatang, Kaltara akan jadi penyangga IKN. Dan di Malinau akan dibangun PLTA,” kata Jakaria, Minggu (28/1/2023).

Jika dilirik dari potensi daerah, ada beberapa aspek yang dapat dikembangkan, diantaranya energi hijau, sektor wisata hingga potensi pertanian.

Khususnya ketika dikaitkan dari aspek geografis Kabupaten Malinau sebagai kabupaten terluas di Kalimantan Utara.

Pria yang juga merupakan Ketua Umum Forum Komunikasi Warga Tidung Malinau tersebut menyebut yang perlu disiapkan sejak dini adalah kesiapan putra daerah.

“Di daerah juga kita punya potensi besar dikembangkan. Pertanian, energi hijau hingga hilirnya di kepariwisataan.

Di era sekarang, informasi jadi modal penting, siapa cepat dapat informasi, maka mereka yang punya peluang besar,” kata Jakaria.

Wakil Bupati Malinau, Jakaria saat ditemui di Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu.

Ditanya terkait forum komunikasi yang dipimpinnya, Jakaria menjelaskan satu dari sejumlah visi utama adalah menangkap peluang.

“Karena begitu pentingnya informasi, forum ini akan meyampaikan informasi akan memfasilitasi dan merumuskan melalui musyawarah upaya kita selanjutnya,” ungkap Jakaria. (R9).

Related posts