Disuntik’ Rp 800 Juta Untuk SOA Penumpang di Nunukan

TANJUNG SELOR, realitas9.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Utara (Kaltara) mendapatkan ‘suntikan’ dana sebesar Rp 800 juta untuk subsidi ongkos angkut (SOA) penumpang yang menggunakan jalur transportasi air.

Sementara untuk jalur transportasi udara, pengelolaan SOA-nya di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltara. Ini dilakukan karena Dishub terbentur dengan regulasi.

Plt. Kepala Dishub Kaltara, Andi Nasuha mengatakan, SOA penumpang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara tahun 2023 yang ditangani oleh pihaknya itu dialokasikan untuk penanganan wilayah perbatasan dan pedalaman.

“Totalnya itu ada 6 rute, di antaranya ke Labang, Tau Lumbis dan Binter. Pelaksanaan SOA ini titik nolnya di Mansalong (Nunukan),” ujar Andi Nasuha.

Adapun untuk teknis pelaksanaannya, pengangkutan penumpang menggunakan longboat yang minimal menggunakan dua mesin masing-masing 40 PK.

Andi Nasuha mengatakan, diusahakan anggaran yang diberikan dapat mengakomodir atau memberikan subsidi kepada masyarakat perbatasan di provinsi ke-34 ini hingga akhir tahu.

“Kita usahakan ini bisa sampai di Desember. Dan kalau memungkinkan, kita akan tambahkan lagi di perubahan (APBD Perubahan 2023),” tuturnya.

Saat ini, lanjut Andi Nasuha, pihaknya sedang melakukan persiapan untuk kelengkapan dokumen lelang dari kegiatan ini. Karena anggarannya di atas Rp 200 juta, maka mekanismenya wajib menggunakan sistem lelang.

“Kalau dia di bawah Rp 200 juta, itu bisa menggunakan sistem PL (penunjukan langsung). Tapi kan ini di atas itu (Rp 200 juta),” katanya. (R9***).

Related posts