Bupati : Melalui Lokakarya dan Pentahelix Terutama Pembangunan Kawasan Pedesaan Berbasis Kehutanan

BULUNGAN, realitas9.com – Dalam upaya mewujudkan dan menerapkan pola perhutanan sosial di kabupaten Bulungan di Gedung Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Saya mengikuti gelaran lokakarya sekaligus menandatangani kesepakatan dukungan pentahelix dalam agenda pembangunan kawasan perdesaan berbasis perhutanan sosial di wilayah Kabupaten Bulungan.

Pertama, atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Bulungan, saya menyampaikan, terima kasih dan apresiasi terhadap dukungan yang positif dari seluruh pihak 

Dalam mewujudkan pola perhutanan sosial di kabupaten Bulungan, yang ditandai dengan adanya penadatanganan bersama ini.

Baru-baru ini, pada Sabtu, 22 oktober 2022 lalu, kita juga telah melaunching Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas, sebagai pilot project pembangunan kawasan perdesaan berbasis perhutanan sosial, yang sekaligus menjadi proyek perubahan asisten perekonomian dan pembangunan.

Mengenai hal itu, melalui pola perhutanan sosial kelompok tani atau masyarakat desa, yang berada di sekitar area hutan, wilayah kerja perusahaan juga memiliki akses untuk mengelola hasil hutan, yang didasari dengan undang-undang nomor 14 Tahun 1999 tentang kehutanan.

Demikian pula, saat ini di Bulungan, sudah ada beberapa izin atau sudah terbit surat keputusan pengelola perhutanan sosial seperti di Desa Long Sam, Mangkupadi, Long Telenjau, Antutan, Binai, Long Bang, Long Bang Hulu, dan Sajau, untuk wilayah kelola UPTD KPH Bulungan. Kemudian juga ada di Desa Long Beluah, Long Sam, Mara Satu dan Mara Hilir untuk izin pengelola perseorangan dengan skema Hutan Tanaman Rakyat (HTR). Sedangkan untuk wilayah kelola UPTD KPH Tarakan yaitu, Desa Long Lembu, Liagu dan Salimbatu.

Meskipun telah memiliki izin, dalam implementasinya di lapangan, sebagian lembaga atau masyarakat yang mendapatkan persetujuan pengelolaan perhutanan sosial masih ada yang belum berprogres setelah mendapatkan persetujuan pengelolaan tersebut. 

Melalui lokakarya dan terutama penandatanganan kesepakatan pentahelix yang dilaksanakan ini, diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh terutama dalam implementasinya di lapangan.

saya harap, pola perhutanan sosial yang ada di Bulungan, ke depannya dapat berjalan dengan baik dan optimal, dengan berbagai pengembangan hasil hutan, termasuk kaitannya dengan sektor lain seperti peternakan, pariwisata dan berbagai sektor lainnya, dapat kita laksanakan secara terpadu. (#9).

Related posts