Berau Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa 2023

Realitas9.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Berau dibawah kepemimpinan Bupati Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati Gamalis, kembali mempersembahkan penghargaan bagi masyarakat Bumi Batiwakkal. Penghargaan Swasti Saba Padapa diterima Pemerintah Kabupaten Berau atas keberhasilan dalam mewujudkan Kabupaten Berau Sehat Tahun 2023.

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, pada malam penganugerahan tanda penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan STBM Tahun 2023 yang disaksikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhajjir Effendy di Kempinski Ballroom, Jakarta, Selasa malam (28/11/2023).

Swasti Saba adalah penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada kabuoaten dan kota uang berhasil menyelenggarakan tatanan yang ada dalam program kabupaten kota sehat (KKS). Kabupaten Berau pertama kali meraih penghargaan Swasti Saba pada tahun 2019 dan kembali berhasil mempertahankan pada tahun 2023 ini. Swasti Saba tahun 2023 diberikan kepada 136 pemerintah daerah dengan tingkatan wistara, wiwerda dan padapa. Selain itu juga diberikan penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) kepada 33 pemerintah kabupaten dan kota.

Menko PMK, Muhajjir Effendy, mengucapkan selamat kepada para kepala daerah penerima penghargaan. Pembangunan bidang kesehatan ditegaskannya merupakan tanggung jawab bersama dari pusat hingga kedaerah. Termasuk dalam mengalokasikan anggaran pada bidang kesehatan dimana pemerintah daerah memiliki peran besar dalam pembangunan sektor ini. Untuk itu Menteri Kesehatan menggagas pemberian penghargaan sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang serius dalam membangun kabupaten dan kota sehat. “Saya memberikan apresiasi kepada para kepala daeeah yang memiliki kesungguhan dalam pembangunan kesehatan didaerahnya,” ungkapnya.(R9)

Related posts