Syarwani : Meskipun Kemajuan Itu Sesuatu Tidak Bisa Kita Hindari Namun Dapat Kita Pastikan Akar Budaya dan Kearifan Lokal Jangan Sampai Kita Lupakan

BULUNGAN, realitas9.com – Mulai pagi tadi hingga sore, saya menyaksikan langsung pawai budaya, yang merupakan puncak serangkaian peringatan hari jadi Tanjung Selor ke-232 dan Kabupaten Bulungan ke-62. Di lapangan aghatis Tanjung Selor. Sabtu, (15/122).

pawai budaya yang diikuti sebanyak 10.904 peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, serta berbagai komunitas dan instansi dan seluruh dari desa dan kecamatan se Kabupaten Bulungan, yang turut memeriahkan pawai budaya tersebut. Dengan menampilkan seni dan budaya yang menjadi ciri khas masing-masing daerah, desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan.

Atas nama pemerintah daerah dan panitia saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat kabupaten Bulungan khususnya para peserta pawai budaya yang telah memeriahkan puncak rangkaian dalam memperingati hari jadi ka uoatwn Bulungan. Ke-63 dan Tanjung selork ke-232.

Bersama kita lihat dalam pawai budaya hampir seluruh aspek yang di tampilkan para peserta pawai itu menonjol pada potensi budaya baik dari segi pakaian, seni, dan potensi kearifan lokal lainnya yang telah di tampilkan dalam gelaran pawai budaya tersebut.

Tentu pawai budaya tidak hanya dimilki oleh suku Bulungan, suku Tidung, maupun suku Dayak, namun kita telahenyaksikan partisipasi dakarena kita sadar di kabupaten nulungan hari ini, di huni oleh berbagai mcam suku dan agama yang ada di kabupaten Bulungan.

Tentu dengan keberagaman, kebhinekaan itu adalah kekuatan besar kabupaten Bulungan, sekaligus kita bersama melangkah dalam membangun kabupaten Bulungan.

Tentu melalui kegiatan ini banyak dampak yang kita rasakan terutama mengenalkan sedini mungkin budaya lokal, kepada anak-anak genarasi muda.

Sekalipun daerah ini maju dan berkembang, meskipun kemajuan itu sesuatu tidak bisa kita hindari namun dapat kita pastikan bahwa akar budaya dan kearifan lokal di kabupaten Bulungan ini, jangan sampai kita lupakan. (adv)

Related posts