Yansen Sebut Penting Peningkatan Kompetensi Manajerial bagi Pejabat Administrator

TANJUNG SELOR, realitas9.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV Tahun 2023.

Berlangsung di Aula Kantor BPSDM Kabupaten Bulungan, kegiatan PKA di lingkungan Pemprov Kaltara kelas Kabupaten Bulungan dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub), Dr. Yansen TP, M.Si, Kamis (27/4/2023).

Pada kesempatan itu, Wagub Yansen menyampaikan bahwa peran Pejabat Administrator sangat penting. Pasalnya, bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Jabatan administrator memiliki peranan strategis dalam sebuah organisasi, karena itu output dari pelatihan ini adalah bagaimana mencetak pemimpin-pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan, manajemen kinerja, dan menjadikan pemimpin kreatif dan inovatif,” ujar Wagub Yansen.

Yansen mengatakan, bahwa PKA bertujuan untuk membentuk pemimpin-pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja, yang mampu bertanggung jawab memimpin pelaksanaan suatu kegiatan.

PNS, lanjutnya merupakan aset penting dalam organisasi pemerintah, untuk itu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan ke depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dalam peningkatan kompetensi manajerial bagi para pejabat administrator.

“Salah satu upaya peningkatan kompetensi manajerial adalah melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator. PKA ini merupakan syarat pemenuhan standar kompetensi yang diperlukan sebagai seorang pejabat administrator,” jelas Yansen.

Guna diketahui, sebanyak 39 peserta mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator atau PKA. Terdiri dari Pejabat Administrator dan Fungsional di Lingkungan Kabupaten Bulungan.

Hadir dalam kegiatan Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd, M.Si, Sekda Bulungan Risdianto, Kepala Puslatbang KDOD Samarinda Muh Aswan, Asisten Bidang Administrasi Umum Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP, para Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bulungan.

Kegiatan tersebut turut menghadirkan Tenaga Pengajar dari Widyaiswara, LAN RI, Puslatbang KDOD Samarinda, Pejabat Pemprov Kaltara, Pejabat Bulungan, Tenaga Ahli/Pakar, serta dari BPSDM Kaltara. (R9/dkisp).

Related posts