Walikota Tarakan Ajak Masyarakat dan ASN BerZakat

TARAKAN, realitas9.com  – Wali Kota Tarakan, Khairul mengajak semua umat muslim untuk mengumpulkan potensi zakat, dalam rangka pemberdayaan ekonomi umat. Selain itu, juga untuk membantu pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Salah satu lembaga pengelola zakat adalah Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), masyarakat bisa menyalurkannya ke lembaga tersebut.

“Baznas akan mengelola zakat, termasuk memberikan modal kepada para petani, nelayan kecil-kecil, nanti setelah panen dikembalikan lagi. Secara nasional potensi zakat kita sekitar Rp400 triliun, tapi yang terkumpul saat ini baru sekitar Rp21 triliun. Sehingga masih banyak sekali yang belum terkumpul,” terangnya, Selasa (4/4/2023).

Meskipun sudah ada lembaga yang mengelola zakat, diakui Khairul masih ada orang yang lebih memilih menyerahkan secara langsung kepada mustahiq. Sehingga, terkadang mustahiq yang bersangkutan mendapatkan dobel, namun justru malah ada yang tidak dapat.

“Harapan kita bisa disatukan di Baznas, sehingga pembagiannya semua bisa merata. Selain membantu mustahiq, dana Baznas juga dapat digunakan untuk pemberdayaan ekonomi umat dan masih banyak lagi, sehingga potensi zakat yang ada harus dimaksimalkan. Di lingkungan Pemkot Tarakan, sudah ada Perda yang mengatur pemotongan zakat profesi sebesar 2,5 persen, mudah-mudahan ini bisa terkumpul dengan baik,” ungkapnya.

Pembayaran zakat bersama di lingkungan pemkot Tarakan, sengaja dilakukan di swal bulan supaya para Aparatur Sipil Negara (ASN), bisa membayar kewajibannya. Pasalnya, jika kegiatan ini dilakukan di akhir bulan, ditakutkan uang gaji sudah habis.

“Mudah-mudahan ini awal bulan, masih ada uang gaji terutama yang ASN Pemkot Tarakan. Kalau bayar zakat, Insya Allah nanti akan terima gaji ke-13.” Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Baznas Tarakan, Syamsi Sarman mengatakan, selama bulan Ramadan biasanya terkumpul Rp3 miliar – Rp4 miliar. “Biasanya pembayaran zakat akan booming di minggu terakhir Ramadan, kalau sekarang belum kelihatan,” katanya. (R*)

Related posts