Turnamen Basket Piala Gubernur Kaltara

BULUNGAN, realitas9.com- Pengurus Cabang Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pengcab PBSI) Kabupaten Bulungan menggelar turnamen bola basket Piala Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) di Dome Sport Center Tanjung Selor. 

Pembukaan turnamen yang diikuti peserta se-Indonesia tersebut berlangsung pada Sabtu malam (29/10) dan turut dihadiri Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si.

Turnamen dibuka secara resmi oleh Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum yang dalam sambutannya mendukung adanya kegiatan memajukan olahraga prestasi di Kaltara sekaligus mengkampanyekan budaya hidup sehat di masyarakat.

Gubernur berharap melalui pertandingan bola basket ini akan lahir bibit-bibit pebasket berbakat di Kaltara,” ucapnya. 

Selain itu Gubernur meminta pengurus dan pelatih bola basket untuk memantau dan membina bibit-bibit pebasket yang berpotensi. Diingatkan, turnamen olahraga juga dapat membina generasi muda untuk berjiwa sportif di mana nilai sportifitas tidak hanya dapat diimplementasikan dalam olahraga tapi juga dalam setiap aspek kehidupan.

Gubernur menjelaskan, telah ada Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional yang bertujuan meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktifitas olahraga prestasi nasional serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

“Penyelenggaraan kegiatan keolahragaan tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi olahraga semata namun juga untuk meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. Misalnya melalui sektor pariwisata dan pemberdayaan UMKM,” pesannya. (Adv).

Related posts