TP-PKK Kaltara Gelar Simulasi Tanggap dan Tangguh Bencana, Rachmawati: Ingin Masyarakat Tanggap Bencana

TARAKAN, realitas9.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Utara (Kaltara), Hj Rachmawati Zainal, S.H., membuka secara langsung kegiatan Simulasi dan Sosialisasi Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang digelar oleh TP-PKK Kaltara bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tarakan digelar di Aula Gedung Wanita, Selasa (24/1/2023).

Berfokus pada bahaya kebakaran yang menyebabkan banyaknya masyarakat harus kehilangan tempat tinggal dengan prosentase korsleting listrik sebesar 43 persen dan kompor sebesar 27 persen.

“Musibah kebakaran dapat dicegah dengan berbagai identifikasi dan mitigasi dengan menggunakan barang sesuai standar, seperti tabung SNI serta tidak menggunakan listrik melebihi kapasitas,” ujar Rachma dalam sambutannya.

Istri orang nomor satu di Kaltara tersebut ingin masyarakat memiliki fasilitas untuk mencegah potensi bencana seperti hydrant serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR) agar dapat menagani secara cepat potensi musibah kebakaran.

“Melalui kegiatan ini akan di simulasikan kepada bapak dan ibu. Saya harap kita bisa bersinergi mendukung pemerintah Kaltara dengan memaksimalkan semua potensi untuk mencegah bencana kebakaran,” ujar Rachmawati.

Kepada awak media seusai membuka acara, Rachmawati menjelaskan memilih kota Tarakan karena angka kepadatan penduduknya yang cukup tinggi dan memiliki catatan musibah kebakaran, longsor, banjir bahkan gempa bumi.

“Sudah diperlihatkan tabelnya, bahwa setiap tahun ada bencana kebakaran dan longsor serta banjir. Kami berikan simulasi agar para ibu rumah tangga dan masyarakat bisa mengetahui apa yang dilakukan pertama ketika terjadi kebakaran, longsor ataupun gempa bumi,” ujar Rachmawati saat diwawancarai awak media.

Rachmawati menginginkan agar para ibu rumah tangga khususnya agar tidak panik menghadapi situasi bencana. Sosialisasi dilakukan berjenjang dari TP-PKK Kaltara kepada para kader PKK kota dan kecamatan serta para Ketua Rukun Tetangga agar nantinya dapat disosialisasikan kembali ke lingkungan yang lebih kecil.

“Kami mengundang bapak/ibu RT nanti mereka yang langsung ke masyarakat dan mungkin kami bisa adakan dalam sekala besar nantinya,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Rachmawati juga berbagi hadiah kepada kader pkk dan masyarakat yang hadir dengan kuis untuk lebih mengakrabkan suasana. (R9/DKISPKaltara).

Related posts