Tampil Memukau, Seni Budaya Kaltara Pikat Perhatian Wisatawan Mancanegara

JAKARTA, realitas9.com – Badan Penghubung (Banhub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), bekerjasama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara menggelar Parade Budaya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (23/09/2022). Mewakili Gubernur Kaltara, Parade Budaya dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltara, Hj Rachmawati Zainal, S.H.
 
Setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19, akhirnya Parade Budaya kembali digelar meriah. Parade Budaya sendiri merupakan parade yang memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia.
 
Parade Budaya kali ini, Provinsi Kaltara menampilkan kebudayaan dari tiga sub suka terbesar yang ada di Kaltara. Yakni Suku Bulungan, Suku Tidung, dan Suku Dayak.
 
“Disini kita bisa mengenalkan pada dunia, bahwa kita (Kaltara) memiliki budaya yang beragam. Kami sangat berterima kasih, karena dapat memperkenalkan budaya kebanggaan Kaltara. Wisatawan mancanegara sangat antusias, bahkan sampai ikut menari. Ini menandakan betapa kayanya Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan ciri khas kebudayaannya masing-masing,” ujar Rachmawati saat diwawancarai awak media.
 
Kegiatan yang melibatkan seluruh Badan Penghubung dari tiap provinsi yang ada di Jakarta ini, bekerjasama dengan PT Angkasa Pura untuk mempromosikan budaya dari seluruh Indonesia dalam rangka menyambut tamu yang hadir pada pada gelaran G20 di Indonesia.
 
“Dengan adanya kegiatan seperti ini, mereka turis asing bisa melihat kebudayaan kita secara langsung, dan kemungkinan ada inisiatif mereka untuk bisa menggali lebih dalam sehingga datang langsung ke Daerah,” tambahnya.
 
Semarak antusiasme penumpang domestik dan mancanegara terasa saat parade budaya digelar. Para penampil tari tradisional pun mengajak penonton berinteraksi dengan mengajak wisatawan asing mencoba belajar menembakan sumpit khas Suku Dayak. Dan, ditutup apik dengan menari Semajau bersama peserta parade dan penumpang yang sedang menunggu di terminal 3, melebur dalam pesona tarian khas Benuanta Kaltara.
 
Adapun peserta asal Kaltara yang tampil pada parade seni budaya tersebut, diantaranya adalah Grup Tari Kita Borneo Nusantara dengan tarian Demanai Makang, serta Tari Pesisir Paguntaka. Kerjasama dan kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Banhub Kaltara ini, akan terus dilakukan untuk mengenalkan dan mempromosikan kebudayaan Kaltara secara luas baik Nasional maupun Mancanegara. (RED-9) (DKISPKaltara)

Related posts