Syarwani : Masih 1.966 UMKM Miliki Izin Usaha

BULUNGAN, realitas9.com – Untuk meningkatkan kompetensi bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Di Kabupaten Bulungan. Tahun ini melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, (Disperindagkop-UMKM), akan memberikan pelatihan kewirausahaan dan perkoperasian bagi para pelaku usaha.
 
Bupati Bulungan Syarwani menyatakan pemberian pelatihan kepada pelaku usaha dan koperasi itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) berjumlah Rp. 406.770.000 rupiah, dengan kuota peserta yang akan di berikan pelatihan berjumlah 195 orang yakni, untuk pelatihan kewirausahaan 105 peserta, pelatihan Koperasi sebanyak 90 peserta. ” diinformasikan untuk pelatihan ini akan di laksanakan 3 kegiatan untuk pelatihan UMKM dan 2 kegiatan untuk pelatihan perkoperasian,” ujar Syarwani.
 
Pemda Bulungan juga terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemajuan Koperasi dan UMKM di Bulungan. Karena itu merupakan, komitmen Pemda Bulungan dalam mendukung dan mewujudkan kemandirian ekonomi Indonesia, ” koperasi dan UMKM diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di Bulungan,” ujar Syarwani.
 
Sejak terbitnya UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja, penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah dilaksanakan secara cepat, terintegrasi, transparan, efesien, efektif dan akuntabel melalui sistem elektronik berdasarkan Norma, Standar, Prosedur, sesuai kriteria yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat.
 
” Sejalan dengan Pemerintah, maka Pemkab Bulungan juga memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha guna menjaga integritas izin usaha yang kondusif. Dengan begitu, ekosistem investasi dan kegiatan berusaha dapat lebih meningkat. Serta kualitas perizinan dapat terjaga dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Syarwani.
 
Berdasarkan data yang di himpun, Disprindagkop Bulungan. Saat ini jumlah Koperasi yang aktif sebanyak 158 koperasi, Sedangkan UMKM di Bulungan sebanyak 8.774 UMKM. Sedangkan UMKM yang telah memiliki izin usaha yang diterbitkan melalui PTSP Bulungan, sebanyak 1.966 UMKM.
 
” Diharapkan UMKM yang berada dibawah naungan binaan Kabupaten Bulungan dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya sehingga pertumbuhan ekonomi mikro di Bulungan lebih baik dan maju,” tuntas Syarwani. (R9).

Related posts