SUDAH DITATA, KAWASAN PERMUKIMAN EKS KEBAKARAN PASAR BATU DAPAT KEMBALI DIMANFAATKAN WARGA

TARAKAN, Realitas9.com – Kawasan pemukiman eks kebakaran Pasar Batu Sebengkok kini dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat dengan fasilitas yang lebih lengkap dan tertata.

Pemanfaatan ini dimulai secara simbolis pada Senin, 16 Mei 2023 pada seremoni peresmian yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes. Ruang terbuka publik yang diberi nama Taman Bais Pasar Batu juga turut diresmikan di kesempatan yang sama.

Pada peresmian yang dilangsungkan di kawasan ini saya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penataan kawasan. Selama proses pembangunan, warga RT 24 Sebengkok juga menghibahkan sekitar 20 persen lahannya untuk kepentingan penataan. 

Kawasan penataan eks kebakaran pasar batu kini telah menjadi area yang lebih lancar arus transportasinya, lebih sehat, dan tersedia ruang terbuka yang representatif bagi interaksi dan aktivitas sosial warga, serta kawasan ini lebih rapi karena semua utilitas termasuk perkabelan dan perpipaan dipasang di bawah tanah.

“Akses jalan di sini bisa keliling tembus ke jalan raya, dan pasar yang sekarang sedang dikerjakan juga dibangun secara modern,”.

Saya juga menekankan pentingnya menjaga kawasan tersebut tetap tertata dan tidak kumuh. Untuk itu, seluruh warga diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dengan baik dan merawatnya bersama-sama. Sementara itu, bagi 29 lahan yang masuk dalam kawasan penataan, diminta dalam pembangunannya nanti dapat memperhatikan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diterbitkan, misalnya dengan menghadap ke arah sungai (tidak menjadikan sungai sebagai halaman belakang), Warga pun juga diharapkan dapat ikut menjaga kebersihan parit agar sehat dan indah dilihat.

Acara peresmian kawasan penataan eks kebakaran pasar batu ini menjadi momen penting dan kedepan kawasan ini akan menjadi contoh penataan kawasan-kawasan lainnya di Kota Tarakan. (R9).

Related posts