Pakai BBG, Nelayan Bisa Hemat Belasan Juta Rupiah

BULUNGAN, realitas9.com – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Perikanan menyalurkan bantuan paket konversi BBM (Bahan Bakar MInyak) ke BBG (Bahan Bakar Gas) kepada nelayan bertempat di Tempat Pelelangan Ikan Sabanar Lama, Tanjung Selor pada Sabtu (12/11).

Bantuan paket konversi diberikan kepada nelayan yang belum pernah mendapatkan bantuan serupa. Disebutkan, dengan menggunakan BBG, nelayan bisa menghemat pengeluaran hingga belasan juta rupiah setahunnya.

Dijelaskan, dengan asumsi harga bensin masih Rp6,4 ribu per liter, pengeluaran nelayan untuk bensin 21 liter per harinya mencapai Rp135,4 ribu atau setahun sebesar Rp49,4 juta. Sementara jika menggunakan LPG subsidi seharga Rp17 ribu per 3 kilogram, pengeluaran nelayan untuk 3 tabung per harinya mencapai Rp51 ribu atau setahun sebesar Rp18,6 juta. 

Sehingga ada penghematan sebesar Rp84,4 ribu per hari atau penghematan sebesar Rp30,8 juta selama setahun ketimbang menggunakan BBM. Dicontohkan pula, jika menggunakan LPG Non Subsidi seharga Rp34 ribu per 3 kilogram, nelayan juga masih bisa menghemat sebesar Rp33,4 ribu per hari atau penghematan sebesar Rp12,2 juta rupiah dalam setahun dibanding jika masih menggunakan bahan bakar bensin. 

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si didampingi Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si berharap, pemberian paket konversi BBM ke BBG untuk masyarakat nelayan digunakan serta dipelihara atau dirawat dengan sebaik-baiknya agar dapat membantu masyarakat nelayan yang ada di Bulungan utamanya untuk menghemat ongkos saat melaut atau ke sungai.

“Ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM di tengah situasi kenaikan harga BBM sekarang ini atau melakukan penghematan pengeluaran biaya bahan bakar,” tandasnya. Dilanjutkan, adanya bantuan paket konversi tersebut juga untuk mendukung ketahanan energi, mengurangi emisi gas karbon monoksida atau gas buang, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan.

Bantuan paket konversi BBM ke BBG di Bulungan telah berjalan selama 3 tahun yaitu pada 2019, 2020 dan 2022. Tahun ini terdapat 1.757 paket disalurkan terdiri 3 varian yaitu 6 PK, 9 PK dan 13 PK untuk mesin ketinting. Total dari sekitar 4 ribu nelayan di Bulungan, sebanyak 3 ribu lebih telah mendapatkan bantuan paket konversi. (#9)

Related posts