Ketua DPRD Bulungan, SDM Lokal Harap Pemda Perhatikan Mereka di KIHI dan PLTA

BULUNGAN, realitas9.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan, Kilat A.Md kembali mengingatkan dan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan agar dapat segera mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang nantinya bakal berkecimpung di dunia industri pada Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur ataupun PLTA Kayan, di Kecamatan Peso.

Menurut lembaga legislatif ini, dengan telah mulai beroperasi tahapan pengerjaan mega proyek tersebut di lapangan. Artinya, kesempatan itu sudah terbuka lebar. Tinggal bagaimana SDM di Bumi Tenguyun ini siap atau tidaknya.

“Ya, harapannya jangan sampai karena kita tidak mempersiapkan SDM putra putri Bulungan sejak sekarang, akibatnya nanti mereka kesulitan untuk menjadi tenaga kerja baik di Kawasan Industri Hijau Indonesia maupun di proyek PLTA Kayan,” tutur Kilat.

Lalu apa solusi menjawab itu semua? Wakil rakyat ini menilai perlunya Pemkab Bulungan untuk terus membangun kerja sama dengan perguruan tinggi vokasi, sesuai bidang atau kebutuhan kedua perusahaan tersebut.

Di sisi lain, soal percepatan SDM, kepedulian dari pihak perusahaan swasta juga sangat diharapkan. Misalnya, melalui program CSR yang wajib diberikan kepada putra putri Bulungan melalui beasiswa untuk kuliah keluar daerah.

“Tentunya, bila mereka kelak selesai kuliah atau selesai mengikuti skill training, tidak hanya siap sebagai tenaga skill di perusahaan yang ada, tapi pasti ada yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, yang terpenting support yang diberikan harus terus berlatih,” katanya.

Untuk itu, tambahnya, sektor pengembangan usaha mandiri seirama perlu dilakukan. Guna memperkuat sendi-sendi ekonomi kerakyatan. Hal ini mengaca setiap tahun kelulusan SMA dan SMK yang tidak melanjutkan pendidikan cukup banyak. “Oleh karenanya, melalui pelatihan keterampilan menurut kami kembali menjadi satu-satunya solusi untuk mempersiapkan mereka di dunia kerja,” tukasnya. (R9/adv).

Related posts