Kesiapan Kejurnas Sudah 85 Persen, Pemprov akan Lakukan Finalisasi

TANJUNG SELOR, Realitas9.com – Sebanyak 275 peserta dari 25 provinsi se-Indonesia akan berlaga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Cabang Olahraga Panahan akan berlaga di Provinsi Kalimantan Utara mulai pekan depan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltara Obed Daniel Lumban Tobing mengungkapkan, persiapan sejauh ini sudah sekitar 85 persen. Apalagi, lanjutnya, panitia akan menggelar rapat dalam waktu dekat untuk melakukan finalisasi sekaligus meninjau venue yang akan digunakan.

“Venue yang kita gunakan adalah Stadion Datu Adil, Kota Tarakan. Harapan kita nanti pada rapat finalisasi semuanya sudah dianggap siap. Sehingga kita tinggal running untuk pelaksanaanya,”kata Obed, Rabu (17/5).

Sedangkan untuk perangkat pertandingan akan segera digeser ke venue. Ia mengatakan perlengkapan lain seperti medali, maskot dan lainnya juga telah disiapkan. Hanya tinggal menunggu perangkat pertandingan seperti wasit yang dijadwalkan Jumat (19/5) ini sudah berada di Kota Tarakan.

“Hari ini sudah mulai ditata yang bekerjasama dengan EO yang ada di Tarakan,”kata Obed.

Obed menyebut, 275 peserta itu nantinya tergabung dalam 28 kontingen dari 25 Provinsi yang akan berlaga. Di mana, lanjutnya akan dilakukan penyambutan resmi pada hari Ahad (21/5). “Sesuai arahan, kita akan melibatkan perangkat daerah untuk penyambutan kontingen,”katanya.

Lebih lanjut, dijelaskannya 5 atlet kejurnas PPLP panahan asal Kaltara mendapat perhatian penuh dari Dispora Kaltara untuk bisa menyabet medali emas.

“Dan siap bersaing dengan atlet dari kontingen lainnya. Tetapi nanti dalam kejuaraan ini kami juga menurunkan atlet PPLPD berjumlah 13 orang total 18 atlet yang kita terjunkan jadi mudah-mudahan atlet kita semua bisa mengambil 37 nomor yang akan dilombakan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mempercayakan Provinsi Kaltara menjadi tuan rumah Kejurnas PPLP/D SKO Cabor Panahan.

Obed Daniel mengatakan Kejurnas PPLP merupakan wadah pembinaan dan pelatihan atlet berbakat olahraga serta berpotensi untuk dikembangkan menjadi atlet berprestasi

“Dinas Pemuda dan Olahraga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah dari Kemenpora RI untuk mengadakan kejurnas pelajar PPLP,”katanya.

Lebih lanjut, katanya kejurnas tersebut akan berlangsung di Kota Tarakan serta telah ditetapkan Kemenpora RI beberapa cabor unggulan yang akan berlaga. (R9/dkisp)

Related posts