Kadinkes Kaltara,  Paparan Covid-19 di Kaltara masih fluktuasi

TANJUNG SELOR, realitas9.com – Paparan Covid-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) saat ini masih fluktuasi. Hal ini tentu menjadi atensi semua pihak, khususnya dari pemerintah dengan mengingatkan masyarakat akan pentingnya penerapan prokes.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kaltara, saat ini masih ada 78 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di provinsi ke-34 ini yang masih dirawat, dengan rincian di Tarakan 37 orang, di Bulungan 21 orang, di Malinau 14 orang, di Nunukan 5 orang dan di Tana Tidung 1 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai hal, di antaranya rapat tim untuk membicarakan dan mempersiapkan mengenai apa saja yang harus dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

“Sejumlah pihak terkait sudah kita undang untuk duduk bersama, mulai dari Polda, Korem, pihak rumah sakit, serta pihak Dinas Kesehatan kabupaten/kota,” ujar Usman.

Dalam hal ini telah disepakati bersama bahwa tim akan turun ke lapangan untuk memberikan imbauan ke masyarakat terkait pentingnya penerapan prokes, seperti menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

“Termasuk yang menjadi perhatian kita juga mengenai pelaksanaan booster (vaksinasi dosis III). Ini juga akan terus ‘dikejar’ peningkatan capaiannya,” kata Usman.

Namun, lanjut Usman, hal ini tidak akan bisa dilakukan jika tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, keterlibatan aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19 ini.

Untuk diketahui, data terakhir menunjukkan hanya tersisa Tana Tidung yang zona hijau. Sementara empat daerah lain, yakni Tarakan, Bulungan, Malinau dan Nunukan sudah berada pada zona kuning. Tentu diharapkan jangan sampai ada daerah di Kaltara yang kembali masuk zona merah penyebaran Covid-19. (R9)

Related posts