Harumkan Nama Indonesia, Pemuda Asal Kaltara Ini Raih Medali Perunggu di Ajang Sea Games

TANJUNG SELOR, Realitas9.com – Perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja, memberikan dampak yang tidak biasa bagi seorang Jerry Efendi. Ia pulang ke Tanah Air setelah menyabet medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) Hoki kategori Outdoor.

Tak hanya mengharumkan nama Indonesia, Jerry sapaan akrabnya, juga membanggakan daerah kelahirannya, Kuala Belawit, Krayan Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Jerry mengaku bahwa terlahir dari orang tua yang sehari-harinya bekerja sebagai Guru dan Petani. “Ayah saya Petani, dan mama saya Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru Sekolah Dasar (SD) di Krayan,” kata Jerry Jumat (19/5/2023).

Jerry menjelaskan, perkenalannya dengan olahraga Hoki berawal saat dirinya berkuliah di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sekitar tahun 2008 silam. “Perkenalan saya dengan olahraga Hoki ini saat berkuliah diluar daerah. Itu kira-kira saat saya awal masuk kuliah di Samarinda dikenalkan oleh om (keluarga),” ujarnya.

Karir Jerry di cabor Hoki profesional dimulai dari daerah. Awalanya, Jerry mengikuti seleksi di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) lalu menuju praPON di tahun 2015 untuk mewakili Kaltim.

Mengulas olahraga Hoki, mungkin bagi sebagian masyarakat di Kaltara, bahkan Indonesia masih belum populer. Namun, Jerry berpendapat bahwa olahraga Hoki tidak jauh berbeda dengan Sepak Bola. Perbedaanya, Hoki menggunakan stick dan bola yang kecil untuk dimasukkan ke gawang musuh.

“Berbedanya Hoki ini menggunakan stick dan bola yang kecil, bermainnya juga seperti Sepak Bola 11 lawan 11,” bebernya.

Jerry yang juga telah membela Indonesia sejak Sea Games Vietnam 2021 ini bercerita, prosesnya menjadi Atlet Profesional seperti sekarang ini sangat berliku dan begitu banyak yang sudah dilalui. “Luar biasa ya prosesnya, kadang orang lihat dan tau enaknya saja. Wih enaknya main timnas, tapi mereka tidak tau prosesnya seperti apa. Yang utama sih mental,” ungkapnya.

Pada seleksi timnas, Jerry menyebut mulanya ada sekitar 30 orang dipanggil. Lalu, setelah mengikuti tahap seleksi beberapa orang terdegradasi dan terpilih lah timnas seperti sekarang ini. “Kebetulan pelatih kita dari Malaysia, jadi beberapa bulan kita training center (TC) di Kuala Lumpur. Saya sendiri sudah ikut pelatihan nasional (Pelatnas) sejak tajun 2017,” bebernya.

Jerry merasa bangga bisa mempersembahkan perunggu kepada Indonesia untuk pertama kalinya pada gelaran olahraga se-Asia tenggara tersebut. “Ini Sea Games kedua kali buat saya, yang sebelumnya saya belum pernah dapat medali. Inilah baru awalnya dapat medali,” ujarnya.

Pada ajang Sea Games 2023 Kamboja sendiri, timnas Indonesia Hoki kandas oleh timnas Malaysia dengan skor 2-4. Sebelumnya, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand, tuan rumah Kamboja, dan ditahan imbang oleh Singapura.

“Pertemuan pertama kita melawan Singapura, sudah ketinggalan 2-0 lalu kita samakan kedudukan jadi 2-2 di quarter akhir. Lalu pertandingan kedua berhadapan dengan Thailand dengan skor 2-1 kemenangan kita, lalu pertandingan ketiga berhadapan dengan Kamboja, kita menang dengan skor 4-0. Kandas ya dipertandingan terakhir lawan Malaysia,” bebernya.

Pemuda kelahiran 19 Januari 1990 ini mengisyaratkan akan memperkenalkan olahraga Hoki ke Kalimantan Utara. Sebab, ia berkeyakinan masyarakat Kaltara sangat cepat dalam mempelajari sesuatu.

“Saya memperkenalkan olahraga Hoki ini ke Kaltara nantinya, kita bisa masuk ke sekolah-sekolah. Menurut saya, orang Kaltara itu sangat cepat geraknya, mungkin karena terbiasa bekerja,” tutupnya. (R9/dkisp).

Related posts