Hari Raya Idulfitri 1444 H/ 2023, Napi Lapas Tarakan Terima Remisi

 

TARAKAN, realitas9.com – 983 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Tarakan mendapatkan remisi khusus (RK) Idulfitri 1444 Hijriah. Pemberian remisi dilakukan usai warga binaan dan seluruh petugas lapas melaksanakan salat Idulfitri, Sabtu (22/4) di Lapas Kelas II Tarakan.

Kepala Lapas Tarakan, Mohammad Ridwantoro mengatakan, sebenarnya di RK Idulfitri tahun ini terdapat 989 warga binaan diusulkan mendapatkan remisi. Artinya, terdapat 6 warga binaan yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi.

Kemudian untuk warga binaan yang Mendapatkan remisi, pidana yang paling mendominasi yaitu narkotika. Kemudian disusul dengan tindak pidana lainnya seperti pencurian.

“Di RK ini hanya mendapatkan maksimal 2 bulan (pengurangan masa tahanan), di bawahnya ada 1,5 bulan, 1 bulan dan paling kecil 15 hari,” katanya.

Sebenarnya, dari 983 warga binaan yang mendapatkan remisi, terdapat 2 orang yang bisa langsung bebas. Hanya 3 warga binaan tersebut masih memiliki denda dan tidak bisa membayarkannya. Maka denda tersebut pun dibayar dengan menjalani lagi hukuman kurungan.

“Kalau yang bebas bukan karena remisi itu ada, sebanyak 3 orang. Mereka ini bebas murni pada hari ini,” pungkasnya. (R9)

Related posts