Hadiri HJB ke-693, Gubernur Kaltara Tampil Dengan Pakaian Adat Dayak Agabag

BONE, Realitas9.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri undangan perayaan puncak peringatan Hari Jadi Bone (HJB) ke-693 di Lapangan Merdeka Watampone, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (6/5/2023).

Mengenakan pakaian adat suku Dayak Agabag, Gubernur Zainal duduk di podium utama menyaksikan tari kolosal Bola Soba hingga Mattomang Arajang yang terangkai dalam balutan acara bertemakan “Sisenge Mattulu Tellu”.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Bone ke-693. Semoga Bone dapat terus maju, serta terima kasih atas semua jamuan dari pemerintah Bone selama saya disini,” ujar Gubernur Zainal.

Sebelum acara, Gubernur Zainal terlebih dahulu dijamu Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi di rumah jabatan (rujab) Bupati Bone. Dilanjutkan berjalan kaki bersama Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman serta tamu undangan dari berbagai unsur.

Perlu diketahui, Suku Dayak Agabag merupakan kelompok etnis yang mendiami wilayah Kaltara seperti di Kecamatan Lumbis, Sebuku, Sembakung (Kabupaten Nunukan) dan sebagian di Kabupaten Bulungan.

Sebagai salah satu etnis asli Kaltara, Dayak Agabag mewarnai keanekaragaman suku, adat dan budaya yang mendiami Bumi Benuanta yang masih terpelihara hingga kini.

Menjadi unsur penting sebagai identitas Kaltara sebagai sebuah wilayah yang memiliki jiwa luhur kebhinekaan sangat tinggi.

Untuk itu, Pemprov Kaltara selalu mengajak masyarakat Kaltara untuk terus dapat melestarikan budaya yang ada di Kaltara. Khususnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non-ASN di lingkup Pemprov Kaltara, agar menggunakan aksesoris lokal berupa penutup kepala, kalung, gelang, dan aksesoris lainnya tiap hari Kamis dan Jumat. (R9/dkisp).

Related posts