Gubernur Zainal Paliwang Hadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Kaltara

TARAKAN, Realitas9.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang, SH., M.Hum menghadiri upacara pengukuhan Wahyu Indra Sukma sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara di Kota Tarakan, Jumat (7/7/2023).

Bank Indonesia (BI) secara resmi telah menyerahkan jabatan Kepala Perwakilan BI Kaltara kepada Wahyu Indra Sukma, yang sebelumnya menjabat Performance Manager Departemen Komunikasi menggantikan Tedy Arief Budiman yang pindah tugas menjadi Analis Eksekutif Departemen Regional Kantor Pusat Bank Indonesia.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Gubernur Kaltara mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltara.

“Kami mengucapkan selamat atas pengukuhan Bapak Wahyu Indra Sukma sebagai Kepala Perwakilan BI Kaltara yang baru,” kata Zainal Paliwang-sapaan akrab Gubernur Kaltara.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala BI Perwakilan Kaltara yang lama, Bapak Teddy Arief Budiman yang telah malaksanakan tugas dengan apik dan memberikan dukungan luar biasa pada pengendalian inflasi, menurunkan angka kemiskinan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Kaltara,” ucapnya lagi.

Dalam acara tersebut, Zainal Paliwang menuturkan bahwa perekonomian Kaltara pada triwulan I 2023 tumbuh positif. Hal tersebut, kata dirinya tidak lepas dari kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Kaltara dan Kantor Pewakilan Bank Indonesia Kaltara.

Zainal menyebut, pada triwulan I 2023 perekonomian Kaltara tumbuh positif sebesar 5,23 persen (yoy), melambat dibandingkan capaian triwulan IV 2022 sebesar 6,17 persen (yoy).

Angka realisasi itu, sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Kaltara yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Kaltara sebesar 5,19 persen (yoy).

Selain itu, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang positif, inflasi pada bulan Juni 2023 kembali melanjutkan tren penurunan yakni berada pada kisaran target 3 ± 1 persen.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Zainal, inflasi gabungan 2 (dua) kota Indeks harga konsumen (IHK) Provinsi Kaltara tercatat 0,37 persen (mtm) sehingga secara tahun menjadi 2,91 persen (yoy) lebih rendah bila dibandingkan bulan Mei 2023 sebesar 3,07 persen (yoy).

“Tentu kondisi pertumbuhan ekonomi dan inflasi ini merupakan capaian yang baik dan perlu kita pertahankan bahkan ditingkatkan,” ucap Zainal Paliwang.

Ia pun menantikan kerja sama, koordinasi dan sinergi dari BI Perwakilan Kaltara untuk turut mendukung percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kaltara.

Sebagai informasi, pengukuhan Kepala Perwakilan BI Kaltara dari Tedy Arief Budiman ditandai dengan penyerahan surat keputusan kepada Wahyu Indra Sukma oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung.

Dalam acara tersebut, hadir di antaranya usur Forkopimda Kaltara, Kepala Departemen Regional BI Dwi Pranoto, Kepala Depatemen SDM BI Anwar Bashori, Kepala BI Perwakilan Kalsel Wahyu Pratomo, Kepala Grup Sekretariat Dewan Gubernur Departemen Strategis Tata Kelola BI, Widi Agustin.

Selajutnya hadir juga jajaran OPD Pemprov Kaltara, Bupati dan Wali Kota se-Kaltara, Kepala Instansi Vertikal, Perusahaan dan Asosiasi Usaha, UMKM dan Perbankan, serta dari para akademisi. (dkisp)

Pewarta: Suryan 

Related posts