Gubernur Kaltara Beri Catatan ke Organisasi Perangkat Daerah

TANJUNG SELOR, realitas9.comGubernur Kaltara, Zainal Paliwang meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltara baik berbentuk dinas, badan maupun biro untuk segera berbenah.

Alasannya terdapat sejumlah OPD dengan catatan kinerja yang tak memuaskan sepanjang tahun 2022 kemarin. Zainal Paliwang menerangkan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja OPD tersebut dilakukan pada akhir 2022 lalu.

Menurut Zainal Paliwang, terdapat sejumlah indikator yang menjadi penilaian terhadap kinerja OPD tersebut. Salah satu indikatornya adalah kemampuan OPD dalam memaksimalkan serapan anggaran.

“Kami sudah berikan evaluasi kepada OPD-OPD. Indikatornya itu salah satunya kecepatan pelayanan, serapan “Kalau serapannya 70 persen di bulan November dia ada di tengah-tengah, tapi kalau hanya 50 persen dia ada di bawah,” ungkap Zainal Paliwang.

Gubernur Kaltara mengutarakan ada tiga OPD di lingkup Pemprov Kaltara yang kinerjanya tak memuaskan di tahun 2022. Namun dirinya tak merinci lebih jauh, OPD mana saja yang dinilai tak menunjukan kinerja tak maksimal tersebut. “Dari sekitar 45 OPD itu ada tiga (yang kurang),” kata Zainal Paliwang.

Gubernur Kaltara mengatakan akan memberikan teguran keras kepada OPD di lingkup Pemprov Kaltara jika kinerjanya tak kunjung membaik pada tahun 2023 ini. “Kalau ternyata masih, kita berikan teguran keras untuk segera memperbaiki,” tegas Zainal Paliwang. (R9).

Related posts