Fraksi DPRD Terima Perubahan APBD, Bupati Sampaikan Apresiasi dan Komitmen

BULUNGAN, realitas9.com – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada fraksi-fraksi DPRD Bulungan yang dalam pandangan umumnya menyatakan menerima rancangan Perubahan APBD Bulungan tahun anggaran 2022.

Bupati juga berpesan kepada jajaran perangkat daerah Pemkab Bulungan agar tidak menunda realisasi fisik dan anggaran program kegiatan.

“Terima kasih atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD yang menyatakan dapat menerima Perubahan APBD Bulungan 2022 untuk dibahas lebih lanjut bersama antara Pemkab dan DPRD,” ucap Bupati dalam rapat paripurna di Ruang Sidang Datu Adil DPRD Bulungan pada Rabu (31/8).

Rapat berisi jawaban pemerintah daerah terhadap pandangan umum dewan atas rancangan peraturan daerah (ranperda) Perubahan APBD Bulungan tahun anggaran 2022. 

Bupati menyampaikan, seluruh saran dan masukan anggota dewan melalui fraksi-fraksi DPRD akan ditindaklanjuti melalui perangkat daerah terkait.

Seperti meningkatkan komoditas rumput laut di Kecamatan Bunyu, infratruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan Tanjung Palas Tengah dan Tanjung Palas Utara, kebutuhan air bersih dan perbaikan mobil Pemadam Kebakaran di Tanjung Palas Timur, siring di sungai Desa Sajau Hilir, peningkatan jalan di Sabanar Lama, Sepunggur dan Selimau hingga pengelolaan parkir di Pasar Induk Jl Sengkawit, Tanjung Selor.

“Kita bisa melihat ada sekitar 300 kendaraan tiap hari parkir di Pasar Induk, ini menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah yang bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Bupati juga menegaskan, Pasar Induk di Jl Sengkawit, Tanjung Selor harus ditingkatkan kenyamanan dan kebersihannya. Begitu pula di sektor pertanian dan perikanan di Bulungan yang diharapkan menjadi sektor unggulan. Pemkab akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan serta produktifitas kedua sektor tersebut.

“Untuk anggaran kegiatan yang tidak terlaksana melalui Perubahan APBD ini akan kita alihkan ke program kegiatan yang prioritas dan mendesak,” tandasnya.

Dan Seperti diketahui, Perubahan APBD 2022 yaitu dari Rp1,27 triliun naik menjadi Rp1,48 triliun. Bupati juga menyampaikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, seperti pelayanan kesehatan di Puskesmas yang masih terdapat keluhan masyarakat, pelayanan kependudukan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Bunyu akan dilanjutkan di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara dan Sekatak.

Seluruh fraksi di DPRD Bulungan sebelumnya dalam pandangan umumnya menyatakan dapat menerima ranperda Perubahan APBD Bulungan 2022 untuk dibahas lebih lanjut. Fraksi-fraksi tersebut yaitu Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP, Fraksi Golongan Karya, Fraksi Hanura, Fraksi Demokrat Nasdem serta Fraksi AKBP (Amanat Keadilan Bintang Pembangunan). (Red-tim).

Related posts