Dies Natalis Ke-76 HMI, Daru Iqro: Tiga Hal Penting Ini Tentukan Keberhasilan Kepemimpinan

TANJUNG SELOR, realitas9.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), dalam hal ini diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kaltara (Kesra) Sekprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si menghadiri Dies Natalis ke-76 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Diketahui pada Tanggal 5 Februari 1947 lalu, organisasi mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat HMI resmi terbentuk. Tepat pada malam tadi ini, Minggu (5/2/2023), organisasi yang didirikan oleh Lafran Pane genap berusia 76 tahun.

Para kader dan alumni HMI di seluruh Indonesia, bahkan di sejumlah negara, ikut merayakan Dies Natalis (peringatan atas hari lahir,red) HMI tahun 2023.

Termasuk di Kaltara, di mana HMI Cabang Tanjung Selor bersama Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (Kahmi) Bulungan yang menggelar berbagai kegiatan yang berpusat di Tanjung Selor.

 Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kaltara (Kesra) Sekprov Kaltara

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara mengucapkan selamat Milad kepada HMI. Teriring harapan semoga HMI dapat terus meningkatkan peran aktifnya dalam mengabdi kepada masyarakat,” ucap Datu Iqro membacakan sambutan Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum.

Pada kesempatan tersebut, pria yang pernah menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tanah Tidung (KTT) itu, turut membagikan sebagian pengalaman serta kunci kesuksesan sebuah kepemimpinan.

“Contoh di Negara Singapura, di sana tidak ada sumber daya alam, yang maju itu sumber daya manusianya. Jadi penekanan saya pendidikan adalah yang nomor satu, lalu kesehatan kemudian infrastruktur seperti jalan, jembatan dan pelabuhan,” ujarnya.

Kepada kader HMI yang hadir, Datu Iqro juga menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan adalah kunci kemajuan sebuah negara.

“Tidak ada satu negarapun maju jika ilmu pengetahuannya tidak berkembang, ini tantangan kita semua secara keseluruhan di Indonesia dan itu tugas adik-adik semua selaku mahasiswa, karena selaku pemikir mahasiswa bertugas memikirkan bagaimana memecahkan sebuah masalah,” tambahnya.

Persaingan kerja yang semakin terbuka tidak hanya dalam juga luar negeri menjadi pemacu agar mahasiswa dari Kaltara, khususnya kader HMI agar mampu menghadapi segala tantangan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Khidmat HMI untuk Masa Depan Peradaban”.

Acara pun ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua HMI Cabang Tanjung Selor dan Ketua KAHMI Cabang Bulungan yang kemudian diserahkan kepada Asisten I, Datu Iqro Ramadhan serta Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang juga hadir mewakili Bupati Bulungan. (R9***)

Related posts