Bupati Tana Tidung Harap Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

– Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali menghadiri sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan Penanaman Perdana Kelapa Sawit Kebun Plasma PT. Pipit Citra Perdana (PCP), Sabtu (19/3/2023). 

Kegiatan yang berlokasi di Desa Sengkong, Bupati didampingi Asisten 1 dan Kepala OPD, Kabag Kesra, Camat Sesayap Hilir serta Kepala Desa dan ketua BPD Menjelutung, Kepala Desa dan Ketua BPD Sengkong, Ketua Koperasi Sawit Plasma Desa Sengkong, Ketua Koperasi Sawit Plasma Desa Menjelutung, Ketua Koperasi Sepalda Intimung, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Serta Tokoh Pemuda. 

“Harapan kita, penanaman perdana kelapa sawit kebun plasma ini kedepannya untuk membantu memberikan kesejahteraan masyarakat yang berada disekitar perusahaan PT PCP,” ujar Ibrahim Ali.

Ia mengungkapkan perizinan usaha perkebunan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013. Dijelaskan bahwa setiap perusahaan yang memiliki wilayah kerja 250 hektare lebih, wajib membangun plasma sebesar 20 persen dari inti. “Untuk itu, tidak ada alasan apapun bagi setiap perusahaan tidak memenuhi kewajiban tersebut,” imbuhnya. 

Pemda Tana Tidung saat ini juga terus terus berupaya dan bekerja keras untuk memberikan kepastian kepada masyarakat atas kegiatan perusahaan yang masuk di wilayah Tana Tidung. Selanjutnya, perusahaan dipastikan dapat menyelesaikan kewajibannya kepada masyarakat sesuai aturan yang ada. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mendapatkan hak dari perusahaan yang beroperasi dilingkungan masyarakat setempat.

“Kami juga memohon kepada masyarakat Tana Tidung agar terus mensupport, mendukung dan mendoakan kami. Sehingga dalam melaksanakan aktivitas di pemerintahan berjalan dengan sesuai harapan kita bersama. Salah satunya menjadikan Tana Tidung yang bermartabat, sejahtera, indah dan humanis,” katanya. 

Ia menambahkan, salah satu prospek yang bisa meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat adalah dari sektor perkebunan. Salah satunya, perkebunan kelapa sawit. 

“Perusahaan menuntaskan tanggung jawabnya untuk mengeluarkan 20 persen dari kewajibannya. Mudahan bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. (R9/adv)

Related posts