Bupati Ibrahim Ali Resmikan Pengaliran Listrik dan Gedung Sekolah Dasar di Desa Tengkudacing

KAB. TANA TIDUNG, realitas9.com – Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali menghadiri peresmian listrik dan bangunan gedung sekolah dasar di Desa Tengkudacing, Kamis, 2 Maret 2023.

Turut hadir dalam acara ini petinggi di PLN UID Kaltim-Kaltara dan jajarannya, Danramil, Ketua DPRD KTT, Wakil Bupati KTT, Sekretaris Daerah KTT, pengurus TP-PKK dan anggota DPR RI.

Sebagaimana diutarakan Bupati KTT Ibrahim Ali, dalam dua tahun kepemimpinannya sebagai kepala daerah Tana Tidung, beberapa program prioritas telah terlaksana dan sebagian masih dalam progres yang signifikan.

“Realisasi 10 program prioritas yang saat ini kami terus upayakan demi Tana Tidung yang lebih baik. Adapun beberapa dari program prioritas itu adalah KTT terang, KTT digital dan KTT pintar yang tak terpisahkan serta memiliki peranan penting dalam mewujudkan Upun Taka yang berperadaban, sejahtera, indah dan humanis,” ujar Ibrahim Ali dalam sambutannya.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas listrik, akan semakin memudahkan ketersediaan aksesibility dan capacity building yang tidak hanya bermanfaat bagi layanan publik tetapi juga layanan kepada masyarakat, seperti lembaga pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya yang sangat butuh akan adannya ketersediaan listrik dan jaringan.

“Dalam mewujudkan KTT terang tentu listrik menjadi pondasi utama yang wajib untuk dipasang secara merata hingga ke seluruh desa, sehingga dengan terpasangnya listrik di desa yang pada hari ini akan dinyalakan di desa Tengku Dacing, masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitasnya dengan baik, nyaman dan aman,” jelasnya.

Dalam rangka menunjang infrastruktur telekomunikasi, pemerintah melalui dinas komunikasi dan informatika terus berupaya melakukan pengajuan kepada kementerian komunikasi dan informatika pada tahun 2022 untuk dapat mengatasi desa-desa yang masih mengalami blank spot atau pun jaringan lemah di Kabupaten Tana Tidung.

Atas dukungan dan bantuan berbagai pihak akhirnya ada 11 tower BTS yang telah dibangun di KTT diantaranya: Dua di Kecamatan Sesayap (Desa Sebawang dan Gunawan), Dua di Kecamatan Sesayap Hilir (Desa Sesayap Selor dan Sengkong),Satu di Kecamatan Betayau (Desa Mendupo), Lima di Kecamatan Muruk Rian (Desa Sapari, Rian Rayo, Belayan Ari, Seputuk dan Kapuak), dan satu di Kecamatan Tana Lia (Desa Tengkudacing).

Selain terpasangnya 11 tower BTS dari kemenkominfo tersebut, juga telah dibangun dan berdiri 2 tower BTS pembangunan reguler operator seluler Telkomsel (Sebawang dan Badan Bikis) dan 1 tower mini CSR perusahaan PT MIP di Menjelutung. Hal ini dapat mengatasi 20 desa yang mengalami blank spot berdasarkan data tahun 2021.

“Jadi, ada 14 tower BTS yang telah selesai dibangun dan berdiri serta telah beroperasi pada tahun 2022 di Kabupaten Tana Tidung. Dengan adanya support system dari berbagai pihak akhirnya beberapa program prioritas KTT terang, KTT digital dan KTT pintar dapat berjalan dengan baik sehingga kami optimis ke depan Upun Taka semakin maju, tumbuh dan berdaya,” ucapnya.

“Saya pun berpesan kepada masyarakat, pihak desa, sekolah, puskesmas, dan instansi lainnya untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Program prioritas ini tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan peran serta dari masyarakat. Karena esensinya kepemimpinan yang kami emban merupakan sebuah amanah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” pungkasnya.(R9)

Related posts